Tuesday, February 14


RUMOR: Minum air dingin setelah makan dapat picu kanker merupakan kabar yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia dan dunia yang terlanjur dipercaya oleh sebagian kalangan.  Tapi apakah semua kabar kesehatan itu benar adanya? Mari disimak penjelasannya.
Sms/Email yang beredar tentang air dingin pemicu kanker
Pernahkah kamu membaca info seperti gambar di atas? Entah lewat email, sms atau pesan di aplikasi seperti whatsapp? Dan biasanya ada embel-embel sebarkanlah di bagian bawah pesan agar makin populer.

Rumor = Es Dapat Membekukan Lemak dan Memicu Kanker!
Selama ini, banyak masyarakat yang mempercayai minum es seusai makan dapat menimbulkan kanker. Air dingin yang masuk ke dalam tubuh dipercaya dapat membekukan lemak dan mengubah lemak tersebut menjadi gumpalan yang kemudian akan berkembang menjadi kanker. 

Tentu saja tak sedikit orang yang kemudian khawatir mengenai hal ini dan kemudian menghindari konsumsi air dingin, terutama setelah makan. Berita ini juga telah meluas ke banyak negara dan membuat masyarakat kemudian memiliki anggapan yang belum teruji kebenarannya.

Bahkan, ada sumber yang menyebutkan bahwa es atau air dingin dapat menjadi salah satu pemicu kanker yang paling banyak dijumpai. Es juga diklaim sebagai salah satu pembekuan darah  dan akan mempercepat pertumbuhan kanker pada tubuh Anda.

Faktanya = RUMOR SALAH
Bila ditinjau dari segi media dan logika, ternyata fakta justru berkata lain mengenai hal ini. Penelitian menunjukkan bahwa es tidak akan membuat lemak dalam tubuh membeku. Sedangkan kanker tidak pernah dipicu karena adanya lemak yang membeku. Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan melalui BBC Science and Nature, menunjukkan bahwa es yang dikonsumsi akan berubah menjadi hangat setelah air masuk hingga ke lambung.

Hal itu disebabkan karena tubuh manusia memiliki suhu yang cukup hangat dan memiliki kemampuan alami untuk menyesuaikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa bila ada makanan yang terlalu hangat masuk ke dalam tubuh, suhunya juga akan diturunkan setelah sampai ke lambung. Penelitian tersebut juga memperjelas bahwa lambung memiliki kemampuan alami untuk menyesuaikan suhu makanan dan minuman yang masuk.

Lalu, Apakah Lemak Akan Membeku dan Memicu Kanker Ketika Kita Minum Es Setelah Makan?
Dapat dikatakan dengan tegas bahwa jawabannya adalah, ”Tidak.” Suhu minuman yang masuk ke perut Anda terbukti tidak akan mampu membekukan lemak makanan di dalam perut. Dengan kata lain, kanker tidak akan muncul hanya karena Anda minum es setelah makan.
Penyakit kanker yang banyak terjadi pada sebagian masyarakat dunia lebih disebabkan karena asupan gizi yang tidak seimbang serta gaya hidup yang tidak berimbang. Beberapa faktor tersebut yang dapat memicu munculnya sel yang tidak normal dan kemudian berubah menjadi sebuah keganasan yang biasa disebut “kanker”.


Ditulis oleh: Imelda Ardina, diedit oleh Phoebe
referensi:
http://www.snopes.com/medical/myths/coldwater.asp
http://www.bbc.co.uk/science/humanbody/body/factfiles/stomach/stomach.shtml


EmoticonEmoticon