Thursday, May 4



Siapa yang suka kelaparan meski udah makan? Padahal yang kamu makan porsinya udah banyak. Ih itu sih cacingan, atau perlu dirukyah kali ya,wkwkwk.

Eh kali aja kamu perlu ganti jenis asupan lho bukan makan nasi uduk atau nasi warteg 2 porsi. Coba deh sesekali makan ransum TNI, yang ukurannya biasa aja tapi efeknya kenyangnya  luarr biasa.

Tentara Nasional Indonesia kan tugasnya memang sering ke pedalaman entah untuk menjaga teritori wilayah Indonesia, atau memang harus dikirim ke medan perang. Dan selama masa tugas itu mereka ga selalu bisa beli makan ke warung padang atau warteg kaya kita.

Solusinya ya cuma makan ransum militer. Ransum yang khusus dibuat untuk militer karena tahan lama dan gampang menyiapkannya ini ada beberapa macam, simak ya kalau kamu juga penasaran.
1. Makanan kaleng T2-ABC
sumberhttps://www.tokopedia.com/mahagiri-store
bentuknya persis kaleng kornet atau sarden di kartun Tom and Jerry. Bisa bertahan 1 tahun dari produksi. Punya bermacam-macam varian seperti nasi gudeg, nasi ayam bakar, nasi daging cincang. Sudah memiliki sertifikat ISO 9001 dan dengan berat 400gram tapi bisa mengisi kalori tubuh hingga 900 (bisa buat 2 orang). Cara mengkonsumsinya cukup dihangatkan.

2. Biskuit TB-1
sumber https://www.bukalapak.com/aznoor_shafz
berbentuk biskuit yang dikemas 12pcs dalam 1 bungkus ini meski rasanya gambar tapi sanggup mengganjal perut cukup lama

3. FD-3

sumber https://www.tokopedia.com/kopipanas
FD3 adalah ransum TNI berbentuk susu bubuk. Bisa dikonsumsi pagi dan atau sore. 1 bungkus FD3 dengan berat 600gram bisa untuk konsumsi 10 hari jika diminum setiap hari.

4. T2-RP



Ransum ini berbentuk kaleng seperti T2-ABC namun dikemas lagi dalam plastik sehingga dinamai T2-RP (Retord Pouch). 1 kaleng bisa dimakan 1 orang dan sudah siap santap.

5. T-2FD 
FD (field doyed) adalah ransum tempur yang isinya makanan dikeringkan. Cara memakannya adalah dengan menyeduh isinya, tutup dan biarkan sesaat. Para tentara menyebut T2FD dengan 'nasi bantal' karena kemasan akan menggembung jika sudah matang.

6. C1 Enertab dan Minsus

C1 berisi 2 macam ransum, yaitu enertab dan minsus (minuman susu). Enertab berbentuk seperti biskuit dan dibuat dari susu yang dipadatkan. Dalam satu kemasan ada 2 rasa, yaitu coklat dan vanila. Sedangkan minsus bisa berisi rasa kopi atau susu biasa.

Yak itulah bermacam-macam ransum militer yang biasanya dibeli mahasiswa mapala untuk asupan saat mendaki gunung atau kemping. Tentunya bisa juga dimakan kapan saja kalau kamu emang bosen masakan yang biasa kamu santap tapi pengen perut lama kenyangnya. 

9 comments

Saya baru tahu mbak kalau ada jenis makanan khusus untuk TNI. Benar juga sih ya kalau makanan2 untuk tentara harus awet dan mudah disajikan karena mereka sering berada di pedalaman dan pasti kesulitan kalau mau cari makanan.

Meskipun buat saya agak aneh, tapi pasti sangat membantu kebutuhan makan para tentara kita ya mbak :)

Weuw baru tahu kalau ransum ini juga dijual untuk umum. Rasanya kaya apa ya? Sepertinya dari standar kenyang dan gizinya dapet. Tapi kayaknya rasanya ga jamin.

Soalny TNi kan ga bisa sewaktu2 ke warung mba kalo lagi di mwdan perang.he

Rasanya kebNyakan hambar mba.aku dah coba beberapa

Aku juga baru tahu Mba kalau ransum ini juga dijual untuk umum.hhe

pernah saya coba satu porsi...memang full energi

kalo masyarakat umum tertarik membeli, di mana ya bisa memperolehnya ? sepertinya praktis juga kalo untuk mendaki.

Di toKopedia atau bukalapak ada tapi kayaknya stok terbatas gan

Betul lumayan tahan lama diperut


EmoticonEmoticon