Waspada Benih Palsu Mawar Rainbow Unnown You Seed


Bagi para urban farmer tidak adanya lahan di perkotaan bisa diatasi dengan menanam di pot, polybag, aquaponic atau hydroponic. Dan Admin SunStory yang juga senang menanam di pot (meski banyak gagalnya karena terlalu amatir, hehe) juga sangat hobi berburu benih, baik benih lokal maupun benih impor.

Namun, jika kamu juga salah satu yang mulai belajar menanam berhati-hatilah atas peredaran benih-benih cinta, eh benih palsu yang banyak djual di toko online belakangan ini.

Entah kenapa, di akhir tahun 2014 segala sesuatu yang berbau pelangi atau rainbow sangat amat diminati. Misalnya, cabe rainbow yang dipasarkan oleh Mr.Fothergills (jenis Razzamataz). Selain Razzamataz ada juga jenis cabe rainbow yang lainnya contohnya Numex Twilight. Dan kepelangi-pelangian ini juga merambah ke dunia bunga. yaitu munculnya mawar pelangi. Nah yang jadi pertanyaan adalah: apakah ada mawar berwarna pelangi?

Sering Admin jumpai kemasan benih mawar rainbow dipasarkan di OS lokal dari range harga 25ribu hingga 50rb. Bagi mereka yang belum pernah melihat bentuk asli mawar pelangi dan cara memperbanyaknya lewat menanam pasti tertarik, dengan harapan bisa memanen mawar yang sama persis warnanya. lalu jika berhasil pasti akan difoto dan dipamerkan di dunia maya 😅.

Andai saja sebelum membeli kalian cari tahu dulu soal ‘rainbow rose’ maka akan muncul pengertian rainbow rose di Wikipedia pada halaman pertama:
The rainbow rose is a rose which has had its petals artificially colored. The method exploits the rose's natural processes by which water is drawn up the stem. By splitting the stem and dipping each part in different colored water, the colors are drawn into the petals resulting in a multicolored rose. With these changes to the rose, it causes them to not live as long as an uncolored rose.[1][2] Besides roses, other cut flowers like the chrysanthemum, carnation, hydrangea and some species of orchids can also be colored using the same method.
Yang intinya, mawar rainbow didapatkan dari hasil pewarnaan buatan atau merubah warna mawar (bisa juga dilakukan pada bunga matahari dan bunga carnation) melalui proses pencelupan batang bunga ke air yang sudah diberi warna. Jadi mawar pelangi tidak bisa didapatkan dari menanam benihnya di tanah.

Nah, setelah membaca penjelasan tersebut, dan jika kamu belum yakin apakah mawar rainbow tidak bisa ditanam, cobalah memperhatikan kemasan benih yang dijual. Merk dagang Unnown You adalah plesetan dari produsen benih resmi bermarkas di Taiwan yaitu Know You Seed.


Selain mawar pelangi kemasan warna biru, konyolnya ada juga yang menjual jenis mawar pelangi mystic rose dengan menggabungkan logo kemasan Know You Seed dan Mr.Fothergills. Ya mesti lah It's totally fake! 


Selain soal logo. Ada juga yang berusaha meyakinkan pembeli dengan menuliskan keterangan: isi bibit full dan ada hologram asli berembel-embel Tani Grup.


Meski kelihatannya meyakinkan banget, kamu harus tahu kalau kenyataannya ini berisi BENIH PALSU. Hologram ga menjamin keaslian karena bikin hologram sendiri juga gampang.

So, sekali lagi kesimpulannya, sebenarnya tidak ada satupun produsen dan distributor benih baik lokal maupun impor yang memproduksi biji mawar, karena cara memperbanyak mawar lebih mudah melalui stek.

Bagi kamu yang terlanjur membeli benih rainbow seperti kemasan di atas entah itu mawar, anggur, atau wortel, ya jangan berharap benih tersebut akan tumbuh. Kalaupun tumbuh hasilnya pasti tidak sesuai bayanganmu. Tapi ya gapapa, kan semua perlu proses, meski harus tertipu pada awalnya, seperti Admin juga.

Have a great day ya. Terima kasih sudah mampir di blog ini.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar