Friday, May 29

WARNING: per 13 Juli 2015 BEBERAPA BAGIAN SUDAH DIPERBAIKI, JIKA ADA YANG KURANG SESUAI DENGAN FAKTA YANG BENAR.MOHON KIRIM SARAN DI KOMENTAR YA


I do like gardening.
Tapi kebanyakan yang ditanam ya yang bisa dimakan, hahahaha emang dasar tukang makan sih. Jadi waktu baca tautan tanaman sri rejeki itu beracun, terus terang ga ngerti bener apa engga. Tapi, kalo ga ngerti didiemin aja kapan belajarnya.

Setelah gugling dan cari referensi Admin bisa paparin fakta-faktanya di sini:
1. sri rejeki atau aglaonema atau bahasa bulenya chinese evergreen merupakan tanaman hias dari suku talas-talasan (araeae). Kita tau kalau keluarga araceae memang punya getah yang suka bikin gatel kalau terkena kulit.

2. habitatnya di daerah hutan hujan tropis dan ratusan tahun jadi hiasan yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

3. sri rejeki ga kuat sama hawa dan cuaca dingin, dan kalau sudah 'terluka' timbul bercak-bercak hitam

4. ada 30 spesies aglaonema di dunia

5. sri rejeki memang beracun. yang membuatnya beracun karena getah tanaman ini mengandung kristal oksalat. Nah, kristal ini kalau dilihat (mungkin harus pake mikroskop) sebenarnya berbentuk jarum. Kristal ini bisa mengiritasi kulit. Bahkan mulut, lidah dan tenggorokan. Kalau sampai terluka di tenggorokan dapat menyebabkan sulit bernapas, tenggorokan bengkak, dan nyeri seperti terbakar. Aglaonema commutatum, sumber:wikipedia

6. meski beracun efeknya yang fatal bukan pada manusia tapi cenderung ke hewan peliharaan misalnya kucing, anjing, kuda. Klasifikasi ini diterangkan oleh situs University of California, bahwa Sri Rejeki bukan termasuk kategori mematikan (kasus kematian karena tanaman ini sangat rendah dan pada kasus yang sangat amat jarang, biasanya karena alergi pada sistem pernapasan, ingat loh reaksi tubuh manusia berbeda-beda). Efeknya seperti yang sudah Admin tulis di nomor 5 yaitu karena kristal oksalat yang mengakibatkan rasa perih, nyeri, dan terbakar pada mulut serta ternggorokan jika mengunyah dan menelannya, dan juga bisa mengakibatkan alergi pada kulit jika terkena cairan atau getahnya.


Tips penanganan jika terkena getah sri rejeki:
Segera cuci kulit yang terkena getah dengan sabun dan air mengalir (kalau bisa) sampai bersih. Dan mungkin akan timbul rasa perih, sakit dan rasa tidak nyaman pada kulit. Kalau timbul gejala lebih parah segera ke dokter/rumah sakit.

Sumber ini bukan dari sembarangan loh bisa dicek di situs University of California: http://ucanr.edu/sites/poisonous_safe_plants/Toxic_Plants_by_common_Name_659/

Meski tidak sampai berakibat fatal, ada baiknya pindahkan tanaman sri rejeki di rumahmu ke tempat yang ga bisa dijangkau anak-anak, daripada nanti mereka ga ngerti dan gigit-gigit tanaman ini bisa berabe lah.

Sekian dulu post hari ini.
Happy Investigating!

Disclaimer: beberapa kesalahan penulisan seperti duri sri rejeki sudah dibetulkan. Maksud Admin adalah getah sri rejeki ya. Thanks sudah mengingatkan.

2 comments

Penjelasan semacam ini sangat penting, supaya orang tahu masalah yang sebenarnya. Sebab, tidak jarang ada orang yg mengatakan tanaman sri rejeki tidak baik ditanam di sekitar atau di dalam rumah karena unsur-unsur magis atau takhayul. Thanks. (st.s.tartono)

Makasih pak. Semoga blog ini bermanfaat buat byk orang ^_^


EmoticonEmoticon