Thursday, February 19

Hi teman-teman, admin mau nanya nih. Kalian pasti sering kan baca yang namanya berita, apalagi berita viral yang muncul via medsos dan setiap saat banyak dsharing oleh pengguna facebook, twitter, dan medsos-medsos lainnya.

Tapi pada nyadar ga banyak dari berita yang disebar lewat tombol SHARE di facebook itu bukan berita yang valid. Misalnya yang Admin baca belum lama ini.


Sumbernya dari http://ajaibdananeh.blogspot.in/2015/02/babi-mangalitsa-babi-berbulu-domba.html


Di blog tersebut ditulis babi berbulu domba merupakan hal baru hasil persilangan antara babi dan kambing biri-biri. Trus ada gambar penampakan babi berbulu domba.


Sekilas baca berita kaya gitu kita bisa aja manggut-manggut dan percaya. Karena memang persilangan secara genetis antara mahkluk beda jenis dan beda spesies bisa saja dilakukan.

Dan hal semacam ini sudah pernah dilakukan di masa lalu. Misalnya penanaman DNA dan ciri tertentu tanaman dan virus anti hama untuk menghasilkan tanaman anti hama tanpa perlu disemprot pestisida yang disebut GMO (Genetically Modified Organism). Namun Admin ga akan bahas soal GMO di sini (panjang lebar banget gan bisa habis 100bab ntar 😝)

Jadi langsung aja ya, kebenarannya adalah babi berbulu domba memang sebenarnya eksis dalam dunia nyata. Babi ini disebut babi Mangalitsa, supaya lebih jelas langsung aja baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Mangalitsa


The Mangalica (sometimes spelt Mangalitsa (USA) or Mangalitza (UK)) is a Hungarian breed of domestic pig. It was developed in the 19th century by cross-breeding the traditional Hungarian Bakonyi and Szalontai breeds with imported Sumadia pigs from Serbia.

Jelas tertulis bahwa babi Mangalica/Mangalitsa adalah campuran turunan dari babi lokal antara babi Hungaria Bakonyi dan Szalontai dengan babi impor Sumadia dari Serbia.


Babi jenis ini memang aneh. bulunya persis seperti bulu domba/ biri-biri. Lemaknya yang tebal membuat permintaan jenis babi ini tidak populer untuk masa sekarang. Dan karena tidak dikembangbiakan sebanyak babi yang warnanya pinki-pinki itu, sehingga jaman sekarang babi Mangalitsa sudah dikategorikan langka.

So, sekarang udah jelas kan, babi berbulu domba bukan hal baru dan aneh. Dan si babi tersebut bukan campuran babi + domba tapi cuma jenis babi yang langka. Jadi ya kalau buat umat Islam tetep aja haram dimakan.


Oke deh, Admin ga lupa pesan sama netizen yang budiman lain kali kalau mau berbagi berita di media sosial, cek kebenarannya dulu ya. Kan k
asihan kalau yang baca langsung percaya, lalu ke'bodoh'an macam ini terus menyebar :'(

Stay critical yuks, 
and happy investigating!


EmoticonEmoticon