Pentingnya kode Plastik, ayo periksa wadah makan dan minum kamu

tiap hari kita kan minum dan makan ya, dan buat yang ga seneng pake alat makan dari bahan gelas/beling, mungkin bisa pake melamine, atau yang lebih murah dan mudah didapat ya bahan plastik.tapi, pernahkan kamu mencermati kode yang ada di plastik?


Jadi, kalau kamu suka pake botol/piring/mangkok/gelas yang sama atau apapun berbahan plastik dan terus digunakan berulang-ulang, pilihlah yang ada kode 5. Kodenya di mana? biasanya ada di bagian bawah kemasan, atau kadang di bagian atas, kalau ga ketemu coba cek lagi di semua bodi wadah. dan kalau ga ketemu juga udah buang aja itu wadah, xixixixi

Trus kode kemasan lain itu untuk apa?
Oke, Phoebe jelasin pake bahasa sederhana ya

Kode 1 (PET/PETE) : warnanya bening dan biasanya dipakai untuk botol air mineral dan soft drink yang kemasan itu loh. jadi cuma bisa 1 x pake aja ya, jangan dipake lagi/ diisi ulang. jangan diisi air panas juga. BAHAYA guys. kalau bisa remas kemasan botol saat minuman kamu habis.

Kode 2 (HDPE) : warnanya putih susu. jadi biasa dipakai di kemasan jus, kotak/ mangkok sereal, susu dan botol produk pencuci. yang ini juga cuma 1 kali pake.

Kode 3 (PVC) : bahannya yang bersifat keras bikin PVC digunakan sebagai pipa dan konstruksi bangunan. sulit banget untuk didaur ulang tapi tahan bahan kimia.

Kode 4 (LDPE) : kalau yang ini jenisnya lentur/ lembek tapi kuat. kebanyakan dipake buat wadah madu, mayonaise.

Kode 6 (PS): umumnya kita lihat dan pake loh kode 6. kamu tau styrofoam kan, nah ini dia kode 6 yang memang jadi bahan dasarnya. padahal kalau senyawa styrine pembentuk Polystyrene menyentuh makanan bisa bahaya loh. contoh lain ada di plastik tempat cd dan telor.

Kode 7 (Other):bentuknya bening dan kuat.tapi khusus no 7 jenisnya ada banyak, jadi perhatikan benar. yang jadi perhatian kalau wadah minum kamu berkode 7 dan belum Bisphenol A atau BPA free, itu bahaya loh. karena pelepasan BPA bisa memicu pelepasan kromosom yang jadi biang keladi penyakit kanker, kelainan tiroid, dan seabrek penyakit lain.
lebih lanjut soal kode 7 ini, kalau kamu punya anak, atau adek yang masih bayi perhatikan bagian bawah botol susu bayi.
di Indonesia kelihatannya masi ada produsen yang pake bahan ini untuk produksi botol susu.
padahal di amerika sejak 2008, FDA udah menarik dan melarang penggunannya di pasaran khusus untuk botol bayi dan gelas anak.

Gimana dengan Galon air minum kita yang pasti kalau habis di kembalikan untuk diisi ulang?

Phoebe coba ngecek yang ada di dapur.
Dan some of them use code 7, some are 5.
Untuk yang kode 5 berarti aman untuk digunakan berulang. tapi yang 7 gimana ya? apalagi kode 7-nya juga ga gitu jelas bahan plastik apa yang dipakai.

Dari 1 merk air mineral, ternyata produsen air mineral ga cuma punya 1 supplier galon.
misalnya merk Phobia nih ya (ini beneran ada ga ya,hihi), selain menggunakan sumber mata air yang berbeda, Phobia juga punya pemasok galon dari 3 PT yang berbeda, yaitu PT. Finding, PT. The, dan PT. Truth.

Lalu, gimana dengan kemasan makanan atau minumanmu?

hayo cepet cek sekarang

Sekian dulu ya
Even it's not an investigation ( i consider as an intermezo), but i hope it will help you to open your knowledge.

Saran kritik dan info bisa komen ya di kolom komentar.
Thank You


Related Posts

Posting Komentar