Pinjaman Online berbunga aduhai

ilustrasi pinjaman, dibuat dengan ms word (www.phoebev.com)

Phoebe merasakan uang 50 ribu rupiah pada 7tahun lalu masih lebih berharga dibandingkan pada hari ini.
Dulu bahkan bisa merasakan makan enak dan bahkan bisa menabung dengan uang saku semasa kuliah sebanyak 500ribu per bulan. Malahan, kalau lagi pelit bin irit, sehari cukup keluar duit makan 10 ribu rupiah udah bisa 3x makan, pasti ya dengan lauk yang engga mewah tapi tetap bergizi, misalnya pakai telor ceplok ^_^. Dan dari 500 ribu itu phoebe bisa menabung 150 ribu loh.

Tapi, jaman sekarang dengan inflasi yang semakin aduhai tentu saja sulit banget mau menabung, belum lagi sama pengeluaran hantu macam beli pulsa handphone plus modem laptop.

Gaya hidup yang berlebihan bisa juga jadi pemicu seseorang mengambil keputusan meminjam uang, entah kepada teman, keluarga, atau menggadaikan barang di pegadaian, dan pembiayaan lainnya.Eh tapi ati-ati, salah-salah pinjam uang buat cari solusi, malah tambah terjerat utang.

Ada sebuah situs bernama uangteman.com yang menyediakan pinjaman uang secara online. Misalnya, Phoebe pinjam sebesar rp. 1.500.000 dalam 30 hari, uang yang harus Phoebe kembalikan jadi rp.2.021.773. Wow, jumlahnya mantap banget ya bro, karena artinya bunga yang diterapkan dalam sebulan untuk 1,5 juta sebesar rp.521.773.

Meski di situs resminya perhitungan tadi disebut hanya ilustrasi, tetapi bunga yang digunakan uangteman.com memang nyata 1% per hari berdasarkan saldo bunga hari itu. Selain itu ada biaya-biaya lain yang cukup wow seperti biaya perpanjangan sebesar 180 ribu rupiah, lalu denda sebesar 50 ribu+10 ribu per hari jika terlambat membayar, serta masih ada 10% biaya penagih dari saldo berjalan.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani bahkan memperingatkan jangan sampai tergiur tawaran dari lembaga atau apapun yang memberikan pinjaman cepat tanpa jaminan tapi bunganya tinggi banget.

inspirasi tulisan ini dari: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/07/25/150509/ojk-uangteman-com-rentenir-berkedok-teknologi

Related Posts

Posting Komentar