Fakta dibalik kisah Putri Saudi yang dieksekusi

tulisan kami copas dan ubah menjadi jpg, namun sumber asli dari www.cerpen.co.id/post_133544.html 

Sore ini Phoebe membuka FB, dan ada cerita tentang seorang Putri Arab yang dieksekusi karena dituduh berzina. Dan pada awalnya Phoebe merasa sangsi sama cerita ini, tapi ternyata banyak fakta menarik yang bisa kita temukan. Kamu mau tau juga, ikuti penjelasan Phoebe di bawah ini ya.
Pencarian fakta berdasarkan cerita yang ada di gambar ya:
Fakta 1
Memang bioskop pernah tersebar di tahun 70'an, namun ditutup oleh pemerintah setempat. Tapi pada tahun 2005 Raja Abdullah membuka kembali beberapa bioskop di Arab.

Fakta 2
Di bank dan restoran ada antrian terpisah untuk laki-laki dan perempuan betul-betul ada dan kebun binatang memberlakukan pemisahan gender dengan memisahkan hari kunjungan tertentu untuk laki-laki dan perempuan.

Fakta 3
Mengukur baju tidak diperbolehkan di Saudi. Karena tentu rawan bersentuhan antara penjahit/ yang mengukur dan si klien.

Fakta 4
Putri Misha'al memang benar-benar ada dan gadis ini betul anggota keluarga kerajaan Arab saudi, tapi putri Misha'al bukan putri raja Khaled, tapi anak dari Raja Fahd, kakeknya adalah Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, yang merupakan kakak dari Raja Khalid .

Fakta 5
Putri Misha'al sekolah di luar Saudi Arabia, tetapi bukan ke Amerika seperti tertulis di cerita. Ia bersekolah ke Lebanon atas kemauannya. Di lebanon ia jatuh cinta dengan Khaled al - Sha'er Mulhallal, keponakan Ali Hassan al - Shaer , duta besar Saudi di Lebanon. Setelah kembali ke Saudi mereka berdua sering bertemu diam-diam hanya berdua hingga dituduh terlibat perzinahan.

Fakta 6
Putri Misha'al merencanakan untuk kabur keluar dari negaranya dan menyamar jadi laki-laki dan sayangnya tertangkap saat pemeriksaan di bandara. Bukan cuma itu saja, bahkan putri juga pernah berupaya memalsukan kematiannya dengan tenggelam. tapi usahanya itu gagal juga.

Fakta 7
Keluarga putri Misha'al ingin sang putri tidak mengakui adanya perzinahan karena memang tidak ada saksi. tapi justru Misha'al melakukan sebaliknya. Ia dengan lantang mengatakan 'ya, saya berzinah' sebanyak 3x

Fakta 8
Beberapa sumber mengatakan bahwa tidak pernah ada persidangan soal kasus ini, tapi putri Misha'al meninggal dengan cara tragis memang benar, ia ditembak tepat di kepala. Dan kekasihnya dipancung setelah menyaksikan eksekusi putri Misha'al

Fakta 9
Semenjak kejadian itu, pemisahan gender semakin diketatkan dan polisi syariah merazia mall, dan tempat-tempat lain dimana bisa terjadi pertemuan rahasia antara perempuan dan laki-laki.

Fakta 10
Kisah ini dijadikan dasar dokumenter 'Death of a Princess' oleh Antony Thomas.

Fakta 11
Dokumenter tersebut menuai protes di Saudi, karena dokumenter itu tetap tayang di Amerika meski sudah dilakukan lobi-lobi dan penawaran untuk menghentikan penyangannya puncaknya dubes inggris diusir dari Arab oleh raja Khaled.

Sumber penuliasan:
https://en.wikipedia.org/wiki/Misha%27al_bint_Fahd_al_Saud
http://www.nytimes.com/1988/11/26/obituaries/mohammed-of-saudi-arabia-dies-warrior-and-king-maker-was-80.html
http://malaysiandigest.com/frontpage/282-main-tile/551764-gender-segregation-for-or-against.html
http://observers.france24.com/en/20150619-tailor-controversy-video-saudi-arabia
http://www.independent.co.uk/news/world/middle-east/fate-of-another-royal-found-guilty-of-adultery-1753012.html

Related Posts

Posting Komentar