Hoax: Peringatan Titik Merah di Coklat tanda produk mengandung babi

Facebook benar-benar banyak kasi informasi, tapiiii hampir 50% informasi yang disharing jaman sekarang itu hoax, atau minimal setengah dari info itu ada ga benernya. Kenapa sih ga kalian cek dulu sebelum disebarkan. Eh tapi gapapa lah, justru bisa jadi bahan Phoebe cari kebenarannya dulu sebelum ikut sebarin. Hihihi

Kali ini ada yang berbagi info soal coklat. Coklat ini ada tulisan Mars Egypt, dengan bungkus hitam, di pojok kanan bawah ada tanda kotak merah dan di dalamnya kotak ada bulatan merah. Trus ada keterangan dari link itu yang kurang lebih isinya :

Informasi penting bagi umat muslim. Waspadalah tanda bulatan merah di dalam kotak merah yang ada di coklelat Mars chocolate bars. Kode ini ada di bagian belakang kemasan dekat info angka berat isi kemasan. Artinya tanda itu berarti bahwa produk ini mengandung gelatin yang terbuat dari babi. Mereka menempatkan tanda itu untuk memperingatkan vegetarian bahwa cokelat tersebut mengandung bahan non vegetarian. 

Tau ga kalau sebenarnya ada 10% kebenaran di info itu. Hoax ini sebenarnya sudah lama sekali. Bahkan sudah dibahas web hoax-slayer di bulan november 2011. Kebenarannya soal simbol atau tanda bulatan merah di tengah kotak merah itu adalah aturan yang berlaku di India, tujuannya untuk menginformasikan vegetarian bahwa ada bahan hewani di produk yang diberi tanda merah (warna yang berlaku sebenarnya coklat).

Dalam kasus ini, cokelat Mars yang dituduh berisi gelatin dari babi tidaklah benar. Sudah ada klarifikasi dari pihak yang bersangkutan kalau cokelat Mars memberi label kotak berisi bulatan merah karena produknya mengandung produk hewani yaitu telur, bahan yang harus diberitahukan pada vegetarian di India.
(source: http://www.mars.com/global/press-center/media-library-search.aspx?SiteId=148&Id=3258)


Karena aturan ini berlaku di India, kita ga akan melihat tanda serupa untuk produk yang ada di luar India, walaupun produsennya sama. Kan, beda negara beda aturan guys.

So gimana, udah lega setelah baca klarifikasi ini?
Kalau masih penasaran silahkan deh gugling sendiri ya
Atau kamu nemu info yang bertolak belakang sama penjelasan Phoebe?
Boleh kok kasih komentar di kolom komen

Happy Investigating


sumber:
http://www.hoax-slayer.com/red-dot-red-square-chocolate-warning.shtml
http://www.halaal.org.za/node/81
https://en.wikipedia.org/wiki/Vegetarian_mark
http://www.fssai.gov.in/Portals/0/Pdf/Food%20Safety%20and%20standards%20(Packaging%20and%20Labelling)%20regulation,%202011.pdf

Related Posts

Posting Komentar