Beware: waspada upaya phising pada akun facebook dan emailmu

Kejahatan dunia maya itu dari yang paling sepele sampai yang serius tentu semua ada.
Yang sepele tapi bisa jadi serius seperti hacking dan pengambil alihan akun facebook juga sering banget kejadian di akun teman-teman Phoebe. Trus nanti akun yang diambil alih itu jadi jualan handphone, karpet, mebel kayu jati dan segala macem yang sudah pasti isinya PENIPUAN.

Hari ini ada yang post status, isinya nanya dan cari kepastian karena dia dapat inbok di facebooknya yang isinya gini:

'Silahkan lakukan konfirmasi akun anda hal ini disebabkan oleh banyaknya penggunaan profil palsu dan lokasi berbeda apabila anda pemilik asli akun ini, silahkan lakukan konfirmasi akun dibawah ini : http://confirmation-2-2015.ga/ Apabila anda tidak melakukan konfirmasi akun maka akun anda akan kami blokir/tutup'

Bagi sebagian orang yang belum lama bermain fb pasti bisa mengira kalau inbok ini asli dari facebook dan cepat-cepat klik link lalu isi data-data di sana. Padahal ini adalah cara orang jahat untuk masuk ke akun facebook dan emailmu dengan data password yang kamu serahkan tanpa kamu sadari.

Phoebe coba buka link yang ditulis di atas dan inilah yang terjadi

1. link ini sengaja dibuat untuk menyimpan form. facebook tidak pernah meminta penggunanya untuk mengkonfirmasi akunnya supaya tidak didelete atau diblokir dengan mengirim link ke inbok penggunanya.
jika kamu dapat pesan seperti ini langsung saja di hapus. tapi jika kamu penasaran untuk coba melihat ada apa di link itu, inilah tampilannya. perhatikan alamatnya di browser. tampilannya dibuat seolah-olah mirip sekali dan ada unsur facebooknya supaya kamu percaya. tapi semua ini cuma teknik phising.

2. kita akan diminta data email yang digunakan masuk facebook, password bahkan tanggal lahir. jangan coba-coba isi form ini sesuai data yang kamu miliki atau akun kamu akan diambil alih.

3. penjahat ini juga akan meminta akun emailmu. jangan sampai masukkan data yang sebenarnya. hati-hati ya guys
 4. bahkan security question pun akan ditanyakan, semua hanya trik phising, ingat ya, jangan dipercaya
5. jika kamu sampai memasukkan data yang benar dan menekan tombol 'send' maka semua data akan terekam dan mereka akan mengambil alih akunmu untuk digunakan dalam hal yang tidak benar


Nah itulah yang akan terjadi jika kamu sampai memasukkan semua data penggunamu di facebook dan email.
Meski teknik ini sudah lama dan hanya berganti tampilan dan cara menyebarkannya, tapi tetap saja ada orang-orang yang tidak ngeh yang akan tertipu.
jadi jika kamu sudah tahu sekarang, sebarkan ke temanmu supaya mereka tidak tertipu.

happy investigating ya guys

Related Posts

Posting Komentar