7 Fakta tentang Halloween yang harus kamu tahu

Bulan Oktober di dunia barat khususnya di Amerika dirayakan sebagai bulan Halloween, bahkan sekarang di Indonesia juga banyak yang ikut-ikutan merayakannya.

Apakah kamu tahu darimana asal mula dan fakta tentang halloween ini?


1. Memakai kostum seperti saat halloween adalah kebiasaan bangsa Celtic
Bangsa Celtic percaya ada suatu waktu disebut Samhain, dimana pintu yang memisahkan dunia orang-orang hidup dan mati atau para roh terbuka dan roh bisa berjalan-jalan bebas untuk mengganggu manusia. Dan orang Celtic memakai kostum seram untuk mengelabui para roh agar tidak diganggu. Festival Samhain inilah yang dipercaya jadi cikal bakal Halloween.

2. Pada abad ke 8, Paus Gregori III, menetapkan 1 November sebagai hari libur untuk menghormati para santa dan martir. Jadi selama 3 hari dari 31 Oktober - 2 November ada perayaan All Saint Day, sebenarnya penetapan ini juga 'terinspirasi' dari perayaan Samhain para Celtics dan pagan. Lalu kemudian berubah nama menjadi All Hallows Eve , All Hallows Even dan lama kelamaan orang menyebutnya sebagai Halloween.

3. Icon halloween si Jack-O-Lantern
Icon halloween si Jack-O-Lantern juga berasal dari cerita rakyat Celtic, si Jack adalah petani pelit yang mencurangi iblis dan dibalas iblis dengan memaksanya berjalan di api penyucian dengan memberinya sebongkah batubara dari neraka. Yang kemudian dimasukkan Jack ke lobak untuk tetap memberi penerangan pada jiwanya. Karena di Amerika sulit ditemukan lobak, maka lobak digantikan oleh labu kuning yang akhirnya jadi populer sampai sekarang. Itu kenapa di depan rumah dipasang labu yang di dalamnya ada lilin, karena dipercaya menghalau Jack-O-Lantern masuk ke rumah.

4. Simbol Halloween ada 3
Ada 3 simbol yang terkait erat halloween yaitu kucing hitam, laba-laba hitam, dan kelelawar. 3 hal itu memang identik pada hal-hal berbau klenik. Orang Celtic juga menyalakan api unggun saat perayaan Samhain untuk mengusir serangga dan menarik  kelelawar.

5. Bulan Purnama saat Halloween ada tapi sangat jarang
Meskipun di film horror Hollywood sangat identik penyihir terbang menggunakan sapu terbangnya melintasi bulan purnama tapi kejadian bulan penuh berikutnya saat Halloween tidak akan terjadi hingga 2020. Di masa lalu full moon saat Halloween ada di tahun 1955 dan 2001.

6. Halloween adalah tahun baru para Wiccan
Penganut pagan dan Wiccan masih tetap merayakan Halloween sebagai tahun baru bagi mereka hingga saat ini

7.  Trick or treat
Sejak abad pertengahan sudah ada 'trick or treat', hal ini biasanya dilakukan anak-anak dan orang dewasa yang miskin yang memakai kostum saat Hallowmas untuk mengemis dari rumah ke rumah. Untuk mendapatkan uang atau makanan mereka akan menukarnya dengan lagu atau doa yang disebut 'souling'

Ya itulah fakta-fakta dan asal usul tentang Halloween. Apa setelah baca fakta ini kamu masih mau ikutan merayakannya?

Related Posts

Posting Komentar