Misteri Kota Bawah Air

Semenjak kecil saya selalu terpukau dengan kisah Atlantis, tentang negeri yang peradabannya begitu maju tapi akhirnya musnah karena bencana alam, atau juga karena ulah masyarakatnya sendiri.

Tapi hingga kini Atlantis belum bisa dibuktikan kebenarannya karena ga pernah ada bukti yang ditemukan. Tapi tahukah kamu bro and sis, kalau ada beberapa monumen yang memang ditemukan puing-puingnya ada di bawah air, Admin rangkumin buat kamu ya.

1. Yonaguni
image source http://www.think-aboutit.com

Di bagian paling barat Jepang terdapat kepulauan Yaeyama yang menarik perdebatan antara para arkeolong, geolog dan berbagai ahli. Dikarenakan ada sebuah benda besar yang ditemukan pada tahun 1980 oleh penyelam lokal. Formasi batuan bawah laut ini diperkirakan dari peradaban 2000-3000 lalu oleh Profesor seismolog Masaaki Kimura, tapi menurut Profesor Oceanic Geoscience di Universitas South Pacific, Patrick D.Nunn, Yonaguni terbentuk secara alamiah.

2. Istana Cleopatra

image source alterminds.xyz

Ratu Mesir yang paling terkenal dan menjadi simbol kecantikan hingga hari ini , Cleopatra punya istana yang memang megah dan dilengkapi ornamen dan patung-patung. Istananya telah ditemukan di laut Alexandria. Istana ini dipercaya tenggelam karena bencana gempa bumi ribuan tahun lalu di Mesir.

3. Lion City
image source https://en.wikipedia.org/wiki/Qiandao_Lake

Di danau Qindao, di kaki gunung Wu Shi Mountain yang terletak di provinsi Zejiang, China ada sebuah peninggalan dinasti Han yang pernah berkuasa di tahun 25-200 AD.

4. Kota bawah air di Cuba


Di awal 2001, di provinsi Pinar Del Rio, Kuba, Pauline Xalitski seorang marine engineer melaporkan telah menemukan suatu struktur bawah air dari pemeriksaan sonar. Lalu, dilakukanlah pengecekan kedua dengan mengirim robot bawah air, yang merekam gambar-gambar sonar, lalu gambar tersebut diterjemahkan sebagai bentuk-bentuk piramid serta bentuk-bentuk besar yang kemungkinan dan dibentuk dari granit

.
Penemuan ini sejatinya masih terlalu prematur karena belum ada bukti lebih lanjut meski beberapa orang meyakini bahwa kota bawah laut tersebut berasal dari peradaban 5000 tahun lalu.

5. Thonis-heraclion

Ditemukan di teluk Abu Qir, Mesir, kota ini diyakini berkaitan dengan kisah kuda Troya yang mashyur.

Thônis-Heracleion selama berabad-abad adalah pelabuhan Mesir terbesar di Laut Mediterania, sebelum Alexander Agung mendirikan pelabuhan Alexandria pada 331 SM.

Lalu terjadi beberapa gempa bumi dan diikuti oleh gelombang pasang air laut. Kejadian itu memicu tanah di kawasan tersebut membaur dengan air laut. Hal tersebut menyebabkan bagian delta Nil seluas 110 kilometer persegi, bersama dengan kota Thônis-Heracleion dan Canopus, runtuh ke dasar laut.

IEASM bekerja sama dengan Underwater Archaeology Department of Ministry of Tourism and Antiquities, menemukan kedua kota tersebut dan kapal Mesir Kuno pada tahun 1999 dan 2001.

sumber: dirangkum dari berbagai sumber

Related Posts

Posting Komentar