Hoax Pokemon artinya aku yahudi

Agak basi juga sebenernya bahas ini, di blog lain juga udah banyak yang posting, tapi biar ikutan rame gapapa yah ikutan ngomongin hoax Pokemon.

sumber gambar pokemon.wikia.com

Pokemon Go yang lagi heboh dan dimainkan anak-anak remaja sampai udah tua juga pada ikut download dan berburu monster di mana aja ini sempet bikin sebel banyak orang. Katanya saking semangatnya berburu monster, si penggunanya suka asal nyebrang jalan bahkan masuk ke rumah atau masjid, kantor secara sembarangan ga pake ijin asal nyelonong aja.

Korban game Pokemon Go yang ga merhatiin jalan juga ga cuma di dalam negeri tapi di luar negeri, dari yang kecemplung got lah sampai ketabrak kendaraan, nah loh kok gitu amat ya main game.
Phoebe sih ga mau mainan, soalnya tahu kalo udah mulai bakalan ketagihan,hehehe

Tapi sempet juga di whatsapp temen soal Pokemon yang isinya kurang lebih gini

'pokemon berasal dari bahasa Syriac atau bahasa Suryani yang berarti "Aku Yahudi". Sedangkan Pikachu disebutkan artinya adalah "jadilah yahudi"

Buat penggemar Pokemon pasti ketawa aja yah baca broadcast gituan, karena Pokemon sebenarnya singkatan dari Pocket Monster yang artinya monster saku alias monster yang bisa dikantongin. Si pembuat pokemon dapat ide Pokemon dari menonton ultraman dan hobinya memperhatikan serangga. Dan ide pokemon muncul dari orang Jepang bernama Satoshi Tajiri, bukan orang Arab atau Yahudi ya.


Jadi, Pokemon ga ada hubungannya sama bahasa Suryani (syriac) sama sekali, jadi bukan berarti 'aku yahudi' tapi cuma singkatan Pocket Monster.


Sama halnya Pikachu juga yang katanya berarti jadilah Yahudi, kayaknya ini cuman asal ngepasin kalimat 'be a Jew'. Lah berarti bahasa Inggris dong, bukan Syria, gimana seeh? Yang bikin hoax ga konsisten nih,hehehe. Padahal Pikachu itu dari kata pika, bunyi percikan listrik menurut telinga orang Jepang (di ilmu bahasa istilahnya onomatope atau interpretasi kata dari bunyi benda atau hewan) dan chu, bunyi tikus menurut telinga orang jepang juga. Lah kan yang buat orang jepang jadi ya suka-suka mereka dong mo dikasih nama apa. wkwkwk


Kalau ada yang masih ragu dan mau memastikan sendiri bisa cek terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Syriac di link ini, atau cari penutur bahasa Suryani biar lebih afdol.

http://www.lexilogos.com/english/syriac_dictionary.htm



Isu soal Pokemon ini udah lama banget sebenernya, dan mungkin menyebar cepat karena ada isu sara di dalamnya. Meski rasanya agak absurd tapi Phoebe nemuin artikel yang memang pernah dimuat di situs berita sekelas mirror.co.uk atau thesun.co.uk. Isinya, bahwa Saddam Hussein mencoba melarang serial kartun dan tetek bengeknya si Pokemon beredar di Irak karena isu yang sama persis dengan yang beredar belakangan ini.


Yah, meski ga terbukti soal arti kata Pikachu 'jadilah Yahudi', tetep aja namanya game jangan sampe deh ya bikin anak-anak & orang dewasa kecanduan trus lupa makan, lupa tidur, lupa beribadah, apalagi lupa segalanya sampe jual organ ginjal demi beli gadget biar bisa mainan terus (kasus nyata kan inih di China ada looh).


Sumber:

http://www.snopes.com/pokemon-satanist-anti-christian-inverview/
http://content.time.com/time/magazine/article/0,9171,2040095,00.html
http://www.mirror.co.uk/news/world-news/saddam-hussein-tried-ban-pokemon-7732176

Related Posts

Posting Komentar