Thursday, June 30

Perempuan alias cewek pasti selalu mikirin gimana tampil cantik setiap saat. Itulah kenapa produk kosmetik selalu laris manis dijual di toko online maupun offline. Tapi saking larisnya banyak juga loh yang jual produk-produk berbahaya.

Sebenernya sih ga semua produk belum berBPOM itu barang berbahaya, soalnya beberapa UKM kepentok sama perijinan, tapi lebih baik sebagai konsumen kita cermat dan waspada ada daripada hasilnya bukan bikin cantik malah bikin jerawatan, alergi atau paling parah jadi sakit.

Sebelum membeli lebih baik cek dulu bahan-bahan yang dicantumkan di kemasan, siapa produsennya, tanggal kadaluarsanya dll.

Produk seperti bedak Pixy Two Way Cake ini contoh produk yang jelas pembuatnya,komposisinya, tanggal kadaluarsa/ produksinya, jadi kalau ada yang alergi salah satu bahan bisa dihindarin.


Kalau ada yang inget bedak boneka, apa sekarang masih booming ya, soalnya dulu sekitar 4 taun lalu bedak ini fenomenal banget loh, yang klaim penjualnya bisa tahan 12 jam lebih, padahal bedak mahal juga 8jam udah maksimal banget.
Ternyata kalau ditelusurin juga simpang siur, ada yang mencantumkan bedak boneka no BPOM NA18111202171 dan CA809207109. Setelah dicek ke http://cekbpom.pom.go.id hasilnya:

NA1811120217 ada di sistem BPOM dengan nama produk Two Way Cake
Merk: DBI
Kemasan: case 12 gr; Container 12 gr; Container 14 gr; Godet 12 gr; Kardus. Pemilik Derma Beauty Indonesia, PT - Jakarta Timur. Diproduksi oleh Anugerah Familindo Utama, PT - Tangerang
Nama yang didaftarkan Two way cake bukan bedak boneka, jadi apakah ini produk yang sama, tapi dijual dengan nama bedak boneka sama seller biar laris? entahlah....

- CA809207109
Hasilnya kosong alias ga ada produk yang terdaftar dengan nomor bpom itu

Nah kan, ini baru no BPOM aja beda-beda. Tambah lagi biar heboh biasanya klaim yang ditulis memang menggiurkan seperti list di bawah ini, tapi cobalah kritis sedikit:
1. Bedak aman tidak mengandung unsur berbahaya 
Kalau berani nulis ga berbahaya tapi ga cantumin bahan/komposisi gimana bisa ketahuan ada unsur berbahaya?

2. Rekomendasi dari dokter kulit dari Singapore

Siapa nama dokternya, alamatnya?

3. Teksturnya halus dan lembut, menutupi kekurangan kulit

Semua bedak memang menutup kekurangan, tinggal mo disapukan tipis atau tebel.

4. Mengandung SPF 15

5. Cocok untuk semua tipe kulit
6. Oil free, bisa bertahan lama tanpa kelihatan berminyak


Klaim no 4,5,6 ga yakin deh, pokoknya komposisinya mana? 

Kesimpulannya, kalau memang produk yang layak edar apalagi pakai embel-embel dokter kecantikan, harus jelas siapa dokternya, dimana prakteknya, dan pokoknya bahan yang dipakai harus jelas dicantumkan juga. Kalau kamu biasa ke klinik kecantikan berijin memang komposisi krim, bedak dll yang dikasih dokter ga akan ada keterangan isinya, tapi ada dokter kulit yang berijin praktek yang memang kapasitasnya bikin produk itu, dan ga mungkin pasien yang satu dan yang lain sama obatnya. Pasti perlu konsultasi dulu kan.

Sekian dulu postingan basi kali ini ya, moga aja tetep berguna buat kita.
^_^ peace


EmoticonEmoticon