Tuesday, February 13

Sudah ga dipungkiri deh ya kalau online shop dan marketplace sangat tumbuh subur. Bahkan beberapa toko dan retail pakaian merek besar pun gulung tikar karena penjual dan vendor memilih untuk jualan di platform online yang emang bisa memangkas biaya sewa toko. Di sisi pembeli juga lebih enak beli lewat aplikasi seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll, karena ga perlu capek-capek keluar rumah dan rebutan tempat parkir.

Tapi semakin mudahnya belanja online juga bikin para penipu ikutan pindah lapak dari dunia nyata ke dunia 'gaib', wkwkwk. Seperti kejadian yang baru aja menimpa temen mba admin nih, namanya Laila.

Kronologinya begini: 
  • Laila rencananya mo beli tiket kereta di  marketplace yang warnanya dominan ijo ini.
  • Trus sudah order dan bayar. Tapi ternyata pending. Padahal biasanya cepet nih si ijo kalo verifikasi pembayaran.
  • Selang 1 jam kok malah kecancel. Waduh ga salah dong kalo bikin panik.
  • Ngecek saldo ataupun tokocash belum ada refund.
  • Trus Laila nanya lewat akun FP si toko ijo soal kejadian yang dia alami.
  • Ga seberapa lama ada yang inbokin dia begini (klik gambar di bawah biar lebih jelas)

Laila awalnya ga kepikiran kalau yang inbok bukan dari pihak resmi, tapi untunglah mba Laila ini cerdas dan ngerasa ada yang ga beres.  Dia pun ngecek link profil, yang ternyata bukan link resmisi marketplace. Alhamdulillah ya mba masih dilindungi Allah jadi penipunya kali ini gigit sandal tetangga 🤣.

begitu meyakinkan dan membuat merinding, minta email, minta no rekening dan nama rekening plus cabang rekening (yang ini sesetan uda berhasil memperdayaku) ketika ending nya minta id dan pin dengan alasan membantu, doweng weng... radar kewarasan muncul... cek ricek eh lah kok profil nya sesetan namanya abigail
wah wah wah pinter ni orang memanfaatkan kekalutan orang2 yg punya trouble dengan ecommers dan mengerti komplain mereka via komen yang terbuka untuk umum
jadi besok lagi kalo ada trouble ga usah komen, langsung inbox alias japri aja yaaa nanti sesetan2 makin banyak muncul buat nikung (Laila Isnaini)
Demikian ya teman-teman semua, postingan ini dibuat untuk menyebarkan kewaspadaan kita semua. Karena penipuan sejenis ini bisa terjadi saat kita mau komplain atau tanya ke FP di marketplace manapun. Yah namanya orang jahat mah emang cari kesempatan dalam kekomplainan * apa seeh.

 Waspadalah, waspadalah....


EmoticonEmoticon